facebook
twitter
youtube
vimeo
skype
Call Us : (+62) 21 574 66 55
default-logo

Japanese Cuisine 101 : How To Eat Properly

Kuliner khas Jepang atau biasa disebut dengan “washoku” di Jepang telah dinobatkan sebagai salah satu Intangible Cultural Heritage oleh UNESCO. Makanan khas Jepang memang merupakan jenis makanan yang sudah mendunia, dan mudah ditemukan.

Di Indonesia pun saat ini ada banyak sekali restaurant khas Jepang, mulai dari restaurant sushi, shabu-shabu, Japanese barbeque, ramen, udon dan masih banyak jenis restaurant lainnya.

Jepang juga terkenal sebagai negara yang memiliki beberapa “peraturan” yang agak rumit di meja makan. Kita banyak menemui beberapa contoh seperti, mencampur wasabi dengan kecap asin, atau meletakkan sumpit diatas mangkok. Banyak contoh pada table manner case untuk Japanese cuisine yang kita kira lazim padahal justru dianggap sama sekali tidak sopan oleh masyarakat Jepang.

Inilah beberapa aturan yang sopan di meja  makan untuk menyantap makanan Jepang :

1. Jangan menggunakan tangan sebagai alas makanan

Biasanya terjadi ketika makan sushi atau Japanese barbeque, kerap kali orang menggunakan tangan sebagai alas ketika menyuap makanan untuk mengindari makanan yang jatuh. Gunakanlah piring kecil yang selalu tersedia di restoran.

hand

2. Hindari memotong makanan menjadi dua dengan gigi

Usahakan selalu kunyah makanan dalam satu kali suap. Karena meletakkan makanan yang setengah tergigit dipiring dianggap tidak sopan. Jika mengunyah makanan yang agak besar, tutupilah mulut dengan tangan atau napkin yang disediakan.

3. Jangan mencampur wasabi dengan kecap

Jika ingin mencampur wasabi pada sushi anda, oleskanlah sedikit wasabi pada sushi kemudian celupkan sushi anda kedalam kecap.

4. Dahulukan mengambil mangkok atau piring makan anda, barulah pegang sumpit

Sebelum makanan tersaji didepan anda, tidak diperkenankan untuk memegang sumpit. Ketika anda misalnya mengganti mangkok atau piring makan anda, letakkan dahulu sumpit yang anda pegang. Jangan pernah meletakkan sumpit diatas piring atau mangkok.

5. Do slurp your noodles with broth

Jika memakan mie berkuah kaldu, serutputlah, apalagi jika mienya panas. Namun, jika memakan mie yang tidak berkuah maka jangan diseruput.

 

About the Author

Leave a Reply

*